Thursday, February 20, 2014

Klasifikasi Burung Kenari dan sejarah burung kenari

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Fringillidae
Genus: Serinus
Spesies: S. canaria

Burung kenari (Serinus Canaria)  adalah burung kicauan pertama kali ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15.

Burung Kenari burung yang mempunyai bulu yang indah  dan mempunyai suara yang merdu. Beranekaragam  burung kenari yang sekarang adalah merupakan perkembangan keturunan dari kenari liar yang bernama latin Serinus Canarius.
Banyaknya jenis ini merupakan kondisi alam atau juga karena kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.

Belanda lebih dikenal sebagai negara pengekspor burung kenari  ke Indonesia, awalnya belanda mendatangkan kenari dari negara Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis seperti norwich,scoth fancy,bolder fancy,london fancy,yorkshire,lanchaisire,gloser,dan sebagainya.

dilihat dari segi namanya burung kenari tidak berhubungan dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau yang merupakan habitat aslinya, yaitu Kepulauan Canary.

Kepulauan itu sendiri mendapat namanya dari bahasa Latin canarias yang berarti (pulau) anjiing, kenapa disebut pulau anjing karena banyaknya anjing liar yang ada di sana pada zaman dahulu.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer