Monday, February 3, 2014

Perbedaan Burung Cendet jantan dan betina

Perbedaan Burung Cendet Jantan dan Betina

untuk membedakan antara jenis kelamin jantan dan betina burung cendet, kita dapat melihat dari warna hitam pada bagian pipi kanan dan kirinya. apabila warna hitamnya pekat dan mencolok maka burung tersebut berkelamin jantan sedangkan untuk burung cendet betina warna hitamnya lebih kusam. ciri tersebut dapat dengan mudah dikenali ketika burung cendet masih piyik atau trotol.

Selain warna perbedaan jenis kelamin jantan dan betina dapat dilihat dari bentuk kepalanya. Jantan biasanya berbentuk ceper mendatar, sedangkan burung cendet betina berbentuk menggelembung atau agak oval. untuk lebih memastikannya bisa dicek supitnya. supit untuk cendet jantan berbentuk kecil memanjang. dan ditandai dengan motif bulu seperti garis yang tidak beraturan. dan untuk supit pada burung cendet betina bentuknya besar dengan motif bulu garis teratur seperti kembang.

ada juga dari beberapa orang yang menandai bahwa cendet jantan ketika trotol mempunyai warna hitam pada ekornya. Warna ini sama sekali tidak ada atau tidak ditemukan pada burung cendet betina.

untuk burung cendet dewasa jenis kelamin cendet bisa kita lihat dari warnanya. untuk cendet berkelamin jantan warnanya lebih tegas mengkilap dan kontras.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer