Friday, May 2, 2014

beberapa masalah pada burung kacer dan bagaimana cara mengatasinya

beberapa masalah pada burung kacer dan bagaimana cara mengatasinya

Mbagong

Istilah kacer mbagong atau disebut juga nguda laut atau mbedesi yaitu menunjukan pada burung kacer yang memekarkan bulu dan menekuk kepala seperti kuda laut dan bersuara "cir" berulang.

Burung kacer mbagong dipengaruhi oleh kondisi fisik dan mental pada burung saat itu. beberapa kondisi yang memicu burung kacer jadi mbagong adalah sebagai berikut :

1. Burung kacer kurang birahi  karena kurang suplemen makanan (ekstra puding) dan juga karena perawatan lain yang kurang teratur seperti perawatan mandi dan jemur.

2. Burung kacer terlalu birahi/birahi yang tinggi, burung terlalu dipaksakan untuk naik birahinya sehingga akan bernafsu pada awal-awal lomba tetapi pada tengah jalan kondisinya jadi drop, begitu burung kacer mendengar suara burung lain yang kencang atau membuat "keder" maka yang akan terjadi kemudian adalah ia akan langsung pada kondisi mbagong.

3. Kondisi mental burung itu sendiri yang kurang baik. akibat perawatan yang asal - asalan .

cara mengatasi burung kacer mbagong :
1. Jumlah frekuensi mandi pada burung dibuat sering misalnya pagi, siang dan sore.
2. burung dimandikan pada malah hari, minimal seminggu sekali.
3. lakukan mandi pasir pada burung sewaktu penjemuran dengan menyediakan bak khusus berisi pasir bersih yang sudah diayak. lakukan minimal seminggu sekali.
4. setelan makanan ekstra puding perlu distel ulang menjadi setengah dari porsi awal.
5. bisa diberi ulat bambu dua ekor seminggu sekali.


No comments:

Post a Comment

Entri Populer